Sabtu, 25 Februari 2023

Tips &Trick: Teknik Pomodoro untuk Mencapai Tingkat Produktivitas Maksimum!

Ditulis oleh: Mega oktavia, 26 Februari 2023

Timer

Anda mengalami susah fokus? Atau masih sering menunda-nunda?

Tugas dan pekerjaan menumpuk karena manajemen waktu yang berantakan membuat Anda menjadi stress dan frustasi?

Jika Anda sedang mengalami hal tersebut, maka artikel ini cocok untuk Anda baca dan praktekkan.Tips dalam artikel ini mungkin dapat menjadi jawaban dari permasalahan Anda saat ini.

Kali ini saya ingin membahas tentang manajemen waktu. Ya, karena waktu adalah sesuatu yang krusial bagi setiap orang. Waktu tidak bisa diperlambat atau dipercepat. Waktu tidak bisa kembali atau dihentikan. Waktu tetap berjalan sesuai dengan fitrahnya. Pada zaman modern ini, banyak orang yang memiliki masalah dengan waktunya.  Banyak di antara mereka yang mengeluhkan “tidak punya waktu” tapi tidak sedikit juga yang menyia-nyiakan waktunya.

Oleh karena itu, manajemen waktu sangatlah penting bagi masing-masing individu. Manajemen waktu adalah proses mengorganisasi dan mengatur waktu yang dimiliki untuk mencapai tujuan atau tugas tertentu dengan efektif dan efisien. Manajemen waktu akan membantu Anda untuk mengalokasikan waktu dengan bijak. Dengan manajemen waktu yang baik, Anda dapat menghindari kegiatan-kegiatan yang tidak penting yang dapat mengganggu kinerja Anda.

Lalu, bagaimana mengatur waktu dengan baik? 

Salah satu teknik manajemen waktu adalah teknik Pomodoro. Teknik Pomodoro adalah salah satu metode manajemen waktu yang populer dan digunakan secara luas di seluruh belahan dunia. Metode ini pertama kali dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980-an saat ia masih menjadi mahasiswa. Cirillo mengembangkan teknik ini ketika ia kesulitan dalam mengatur waktu dan fokus untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Kemudian, ia mencoba mencari cara untuk mengatur waktu dengan lebih efektif supaya ia lebih fokus dalam mengerjakan setiap tugas-tugasnya. Pada akhirnya, Cirillo berhasil menemukan teknik yang ia beri nama Pomodoro. Nama Pomodoro berasal dari kata Italia yang berarti "tomat" karena pada saat itu Cirillo menggunakan timer yang berbentuk seperti tomat. 

Teknik Pomodoro

Sebuah riset dari University of Illinois mengemukakan bahwa, bekerja dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat dapat membuat otak menjadi jenuh sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Oleh karena itu, dengan menerapkan teknik pomodoro Anda akan lebih fokus dan meningkatkan produktivitas Anda.

Berikut adalah cara penerapan teknik pomodoro:

Manajemen Waktu

  1. Pilih tugas yang akan dikerjakan dan tentukan berapa banyak pomodoro yang Anda butuhkan untuk menyelesaikannya.
  2. Atur timer selama 25 menit dan mulai bekerja pada tugas tersebut tanpa gangguan atau interupsi apapun.
  3. Jika ada gangguan atau interupsi selama pomodoro berlangsung, catat di buku catatan dan lanjutkan pekerjaan Anda dan jangan menghentikan pomodoro sampai waktu habis.
  4. Setelah pomodoro berakhir, beri waktu Anda istirahat selama 5 menit sebelum memulai pomodoro berikutnya. Anda dapat menggunakan waktu istirahat untuk meregangkan otot-otot Anda dan bebas melakukan kegiatan yang Anda sukai.
  5. Setelah empat siklus pomodoro berhasil Anda lakukan, beri diri Anda istirahat lebih lama selama 15-20 menit sebelum memulai siklus lagi.

Teknik Pomodoro dapat berguna bagi siapa saja yang ingin meningkatkan produktivitas dan konsentrasi mereka. Dengan mengikuti interval waktu yang teratur dan terbatas, Anda dapat menghindari kelelahan mental dan meningkatkan fokus Anda pada tugas yang sedang dikerjakan. Selain itu, teknik pomodoro dapat membantu Anda mengatur waktu secara lebih efektif serta dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips &Trick: Teknik Pomodoro untuk Mencapai Tingkat Produktivitas Maksimum!

Ditulis oleh: Mega oktavia, 26 Februari 2023 Anda mengalami susah fokus? Atau masih sering menunda-nunda? Tugas dan pekerjaan menumpuk k...